Rabu, 25 November 2009

PUTRA JAYA, MALAYSIA



Kota tersebut bernama Putrajaya, sebuah kota yang menyediakan diri untuk menjadi tempat baru bagi pusat administrasi pemerintahan federal di Malaysia. Kehadirannya bukan berarti menyaingi kebesaran Kuala Lumpur, namun kota ini sengaja didirikan untuk mengurangi kepadatan Kuala Lumpur yang dikenal sebagai kota terluas di negeri jiran ini. Kota yang terletak di daerah Prang Besar serta masih bagian dari Selangor ini mengambil nama dari Perdana Menteri Malaysia pertama, Tuanku Abdul Rahman Putra. Sedangkan penambahan kata ‘Jaya’ adalah harapan agar daerah ini dapat berkembang dengan baik.




Kota yang tampak indah dan tertata rapi ini memang dibuat dengan perencanaan yang sangat matang. Dalam pembuatannya, pengembang sangat memperhatikan tiga unsur dalam kehidupan, yaitu manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia lain, dan manusia dengan lingkungannya. Sebanyak 38% total lahan yang tersedia digunakan untuk taman, danau, dan taman tropis. Bahkan bukit di daerah ini dikeruk menjadi danau buatan. Pembangunan kota dengan bangunan-bangunan bergaya campuran antara Melayu, Islam, dan neoklasik Eropa ini konon menghabiskan biaya sekitar 5,9 bilion dolar Amerika.




Selain memiliki berbagai bangunan untuk perkantoran, Putrajaya juga memiliki beberapa tempat yang menarik bagi para pelancong dari dalam maupun luar negeri. Apalagi kota ini dibuat sangat ramah turis dengan dibangunnya transportasi umum yang aman, pusat informasi bagi para turis, tempat bagi para pejalan kaki yang nyaman, hotel-hotel berbintang, motel, hingga tempat berkemah. Beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi antara lain: Masjid Putra, The Millenium Monument, Jembatan Seri Perdana, Perdana Putra, The Putrajaya Waterfront.





Tidak ada komentar: